News Update :

Foto bergaya cinematik

Senin, 11 Juni 2012


photoshop tutorialAda banyak sekali tehnik editing foto pada Photoshop, dan kesemua tehnik tersebut bisa digunakan untuk membentuk sebuah gaya tertentu pada foto. Tentunya, tehnik yang akan digunakan akan sangat bergantung kepada hasil akhir yang ingin dicapai. Pada tutorial kali ini kita akan mencoba membentuk sebuah foto bergaya cinematik dari foto yang biasa-biasa saja. Dan korban yang akan kita permak kali ini adalah..*..eng-ing-eng..* Alyssa soebandono!
haha..berlebihankah diriku??


ok, langsung aja..tanpa basa-basi kita mulai tutorialnya.

step satoe : File>Open (Ctrl + O), pilih gambar yang mau dicinematikkan (duuh..bahasanya!).

photoshop tutorial
step dua : Klik pada layer background, kemudian drag ke ikon Create a New Layer di bagian bawah pada tab Layer. Langkah ini kita gunakan untuk menduplikasi layer. Bisa juga dilakukan dengan klik kanan pada layer, kemudian pilih Duplicate Layer. Langkah ini kita gunakan hanya sebagai perbandingan untuk melihat sejauh mana perbedaan layer yang telah dimanipulasi dengan objek aslinya. Setelah selesai, klik pada ikon bergambar mata pada layer background agar tidak terlihat, sehingga yang tersisa hanya layer background copy hasil duplikasi tadi.

photoshop tutorial
step tiga : Pilih layer background copy. Pada Menu, klik Image>Adjustment>Hue/Saturation. akan terpampang window baru di area kerja photoshop, set besar saturation menjadi -50. kemudian klik Ok.

photoshop tutorial
step empat : Pilih Image>Adjustment>Exposure. pada window Exposure, set nilai Exposure = +0.97, Offset = -0.0490, dan Gamma Correction sebesar = 0.78. Kemudian klik Ok.

photoshop tutorial
step lima : Duplikat lagi Background Copy, lakukan seperti yang telah dijelaskan pada step dua, sehingga menciptakan sebuah layer baru bernama Background Copy 2

photoshop tutorial
step enam : pilih layer background copy 2, kemudian pada Menu, pilih Filter>Blur>Lens Blur. Pada window Lens Blur, set nilai Radius seperti pada gambar dibawah ini, langkah ini dilakukan untuk memberikan kesan blur yang secukupnya pada gambar.

photoshop tutorial
step toejoeh : Pilih layer Background copy 2 dan klik pada ikon Add Layer Mask.

photoshop tutorial
step delapan : klik pada kotak putih di layer Background copy 2, kemudian pilih Brush Tool (B) atur nilai hardness pada brush sebesar 20 %, untuk besar brush, sesuaikan dengan gambar dibawah ini. fokuskan ditengah-tengah gambar kemudian klik. Maka kesan blur dibagian tengah akan hilang.

photoshop tutorial
step sembilan : pilih layer background copy, kemudian pada Menu, pilih Layer>Merge Down (Ctrl + E) untuk menggabungkan layer background copy 2 dengan layer background copy.

step sepuluh : Pilih layer background copy (hasil penggabungan tadi) kemudian pada menu, pilih Image>Adjustment>Color Balance. Pada window color balance, centang tanda pada Shadow kemudian set nilai cyan = -60 dan blue = +60. klik Ok.

photoshop tutorial
Daaannn..selesai! inilah hasilnya.. :D

photoshop tutorial
sebagai tambahan, berikan kesan "movie" dengan batas garis hitam di atas dan di bawah gambar. biar keliatan kaya di film beneran. :D

photoshop tutorial
SUMBER : Mbah dewo
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Dunia internet 2010 -2011 | Design by DuniaInternet | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.